Minggu, 10 Juni 2012

Healty of Biji Bunga Matahari "Kwaci"

Kita bahas soal kwaci yaa...makanan kecil mungil dan berkhasiat ini paling disuka sama papa'. katanya enak aja buat cemil-cemilannya tiap hari, sampe-sampe di taro' dalam kotak kecil khusus buat kwacinya biar enteng d bawa kemana-mana. tiap hari dibawa ke puskesmas,tempat kerjanya, di rumah juga kalo ad waktu istrahat hbis periksa pasien2nya di rumah pasti mulai lagi; ambil, gigit, makan deh isinya...mau tau khasiat kwaci bunga matahari ini?
lets check this out...


kwaci bunga matahari mengandung berbagai vitamin dan mineral lainnya seperti vitamin B1 (thiamin), vitamin B5, mangan, dan fosfor. selain itu, ini dia lainnya;

Sumber vitamin E
Kwaci bunga matahari merupakan salah satu sumber vitamin E yang sangat baik. Cukup sekitar 60 gram kwaci bunga matahari (tanpa kulit) yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin E setiap harinya.
 
Kalo wanita sih biasanya sudah tahu beberapa khasiat vitamin E seperti misalnya untuk regenerasi kulit, menghaluskan dan membuat kulit menjadi lebih muda dan indah. Tetapi vitamin E memiliki banyak fungsi dan khasiat lain yang sangat penting.

Vitamin E adalah antioksidan yang penting bagi tubuh. Ia menyebar ke seluruh tubuh untuk menetralkan radikal bebas yang dapat merusak sel dan juga memperbaiki struktur DNA yang rusak. Terpenuhinya kebutuhan vitamin E dapat mengurangi gejala penyakit asma, osteoarthritis dan rematik. Selain itu juga dikabarkan dapat mengurangi resiko terkena kanker usus besar, menurunkan kadar gejala rasa panas yang sering dialami wanita menopause, dan mengurangi komplikasi diabetes.

Vitamin E juga diketahui banyak membantu memerangi kadar kolesterol jahat (LDL) yang tinggi dalam darah. Dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi vitamin E dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kaya Magnesium, Selenium, dan Tembaga

Magnesium diperlukan untuk kesehatan tulang dan produksi energi. Sekitar dua pertiga kadar magnesium tubuh ditemukan dalam tulang kita. Sebagian digunakan untuk memperkuat struktur tulang, dan sisanya disimpan di permukaan tulang yang dapat di"ambil" jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Magnesium bekerja menyeimbangkan kalsium tubuh, sehingga membantu otot dan syaraf lebih rileks, dan mencegah terjadinya kejang otot.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa magnesium membantu mengurangi gejala penyakit asma, menurunkan tekanan darah, dan mencegah sakit kepala/migrain, selain juga mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.
Selenium, bersama vitamin E, membantu menjaga kesehatan kulit, juga rambut dan mata. Selain itu juga dipercayai dapat meningkatkan detoksifikasi tubuh dan membantu mencegah kanker.

Tembaga dibutuhkan untuk pembentukan darah dan tulang, produksi pigmen melanin dari kulit dan rambut, dan pelepasan energi dari makanan.

Asam Folat bagi Janin (+)

Bagi wanita yang ingin hamil, sebaiknya banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat (folic acid) paling tidak dua bulan sebelum merencanakan kehamilan. Asam folat ini penting untuk pembentukan dan perkembangan sel-sel darah merah dan sel-sel otak pada janin yang mulai terbentuk pada minggu ke 3-4 kehamilan. Asam folat juga diketahui berfungsi untuk mencegah risiko bayi lahir dengan cacat pembuluh saraf dan untuk menurunkan kadar homosistein darah. Kadar homosistein yang tinggi diketahui sebagai faktor resiko penyakit jantung.
Kekurangan asam folat beresiko bayi lahir dengan caca pembuluh saraf/otak dan sumsum tulang belakang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar